Album Minggu Ini Vol. 13

Baru saja seniman jalanan paling misterius di dunia menciptakan sebuah karya dalam merespon epidemi corona yang sedang terjadi ini, dan siapa lagi kalau bukan Bansky yang legendaris yang bisa membuat heboh dunia dengan kekaryaannya. 

Karyanya terbaru tersebut tiba-tiba muncul di sebuah rumah sakit umum di southampton tergantung disalah satu bagian ruang unit gawat darurat dengan ukuran satu meter persegi, karya tersebut menunjukkan seorang anak laki-laki sedang berlutut di samping keranjang sampah yang berisikan mainan superhero, anak tadi membuang mainan superheronya lalu digantikan dengan memainkan mainan seorang perawat di rumah sakit tersebut lengkap dengan masker, jubah dan pose terbang ala Superman yang menjelaskan bahwa para petugas medis adalah Superhero yang baru dan nantinya karya Bansky tersebut akan dilelang untuk kegiatan amal pada Rumah Sakit dan acara NHS.

Seniman Banksy  merespon fenomena Pandemi saat ini dengan karya yang akan dilelang untuk donasi (Credit: Town and Country)
Seniman Banksy merespon fenomena Pandemi saat ini dengan karya yang akan dilelang untuk donasi (Credit: Town and Country)

Bila melihat karya Bansky maka saya akan teringat film semi dokumenter yang merekam kegiatan dan propaganda para seniman jalanan di dunia mulai dari Obey giant, Invader, Bansky dan masih banyak lainnya, film itu berjudul Exit Through the Gift Shop, film ini dipelopori oleh seniman jalanan berbasis video art dan dokumentasi bernama Mr. Brainwash dari Mr. Brainwash inilah kita tahu sepak terjang para legenda Street Art tadi dan disetiap aksi mereka baik sedang membuat Graffity, Mural, Stickers slap sampai Vandal ada satu lagu bagus sekali yang dibawakan oleh Richard Hawley lagu itu berjudul “tonight the streets are ours”  lagu keren tersebut disatukan dengan berbagai aksi para seniman jalanan dan sukses menciptakan suasana adrenalin tersendiri ketika jalanan pada malam hari adalah milik para Seniman Jalanan!

Tidak hanya sampai di situ pada album minggu ini saya juga memasukkan beberapa lagu dari Film Empire Records, Dazed and Confused yang kaya akan kebebasan atau bahkan kengerian dari rasa bebas itu sendiri yang tergambarkan lewat lagu Pet Sematary, Scary Stories to tell in Dark, dan masih banyak kejutan lainnya untuk kalian. 

Dengarkan tanpa henti sampai lagu terakhir (57 menit) sambil membaca artikel lainnya di jakartacinemaclub.com.


Album Minggu Ini adalah playlist Spotify kurasi Jakarta Cinema Club yang hadir tiap akhir pekan untuk menemani kalian. Kalian ada rekomendasi lagu atau album? Kirim via email atau mention di Instagram/Twitter. Enjoy the music, stay home and stay safe!


Album Minggu Ini Vol. 13 dapat didengarkan di Spotify

Edvan Apriliawan, Jakarta Cinema Club

Satu tanggapan untuk “Album Minggu Ini Vol. 13

Komentar ditutup.