Editors’ Column: Zhang Yimou

Di sesi The Page Podcast; Editors’ Column: Zhang Yimou ini, Christian, Christo, Yusgunawan, Faiz, dan Kinanthi membahas film-film dari sutradara China paling terkenal di dunia Internasional, Zhang Yimou.

Sejak debut penyutradaraannya lewat Red Sorghum di tahun 1988, Zhang Yimou terus berkembang menjadi salah satu nama penting di industri film dunia. Golden Bear, Golden Lion, Golden Horse dan BAFTA Award hanya beberapa dari rentetan apresiasi yang diberikan kepada Zhang.

Melihat cerita karir dari figur sinema ini dapat menjadi sebuah sumber inspirasi bagi kita semua. Berbeda dari banyak sutradara-sutradara lain yang memulai karir filmmaking di usia muda, Zhang baru menyadari passion-nya terhadap dunia film di usia 27 tahun. Tidak ada kata terlambat dalam memilih jalur hidup memang, namun Zhang sempat kesulitan untuk dapat diterima di Beijing Film Academy saat itu, dikarenakan usianya yang melewati usia batas penerimaan.

Editors' Column: Zhang Yimou
Raise The Red Lantern adalah salah satu film Zhang Yimou dengan pujian kritik terbanyak. (Sumber: slantmagazine.com)

Lulus di tahun 1982, bersama Cheng Kaige, Tia Zhuangzhuang, dan Zhang Junchao, Zhang menjadi bagian dari Filmmaker China Generasi Kelima yang menjadi tonggak kebangkitan dunia perfilman China sejak Revolusi Kultural di tahun 1949. Sejak keluarnya Red Sorghum di tahun 1988, Zhang Yimou sudah menyutradai 28 film hingga tahun 2023, yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan di kancah internasional.

Penasaran terkait film-film Zhang Yimou yang didiskusikan? Film mana yang menjadi favvoritmu? Mari mengobrol bersama dalam episode The Page Podcast; Editors’ Column: Zhang Yimou ini. Dengarkan secara eksklusif di Spotify.


Tentang The Page: Podcast Eksklusif Dari Jakarta Cinema Club
Setelah sukses menggelar serial kegiatan offline dan online, termasuk diantaranya adalah pemutaran dan diskusi, Jakarta Cinema Club sekarang hadir dalam bentuk The Page Podcast. The Page mengambil topik seputar absurditas kehidupan sehari-hari lewat film dan literatur. Semua episode The Page dapat didengarkan secara eksklusif di Spotify.

Baca juga artikel lainnya: On Zhang Yimou’s Shadow: A Return to Form

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *