Diskusi Cerita Pendek & Film Adaptasi: The Curious Case of Benjamin Button

Bulan ini komunitas Kumpulbaca berkolaborasi dengan Bukunema by Jakarta Cinema Club dalam acara diskusi buku dan film. Cerita pendek milik F Scott Fitzgerald yang berjudul The Curious Case of Benjamin Button berikut film adaptasinya yang disutradarai oleh David Fincher menjadi porsi utama dalam acara online ini.

Tentunya selalu ada perbandingan yang menarik antara cerita pendek dan film adaptasi yang berdurasi panjang. Kamu dapat berbagi pengalaman dalam membaca cerpen lainnya yang telah diadaptasi menjadi film bersama teman-teman lainnya di acara ini. Bukunema Benjamin Button bersama Kumpulbaca memilih topik ini sebagai kolaborasi pertama. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengikuti acara ini:

Diskusi film adaptasi dari cerita pendek: The Curious Case of Benjamin Button

Sabtu, tanggal 22 Agustus pukul 16:00 WIB

1. Download aplikasi Google Meet di handphone kamu atau buka laman meet.google.com dari komputer kamu.
2. Klik “Join a meeting”.
3. Masukkan kode berikut : wfp-ediv-rvn
4. Pilih “Request/ask to join” dan setelah diterima kamu bisa masuk ke video conference.
5. Atau klik link yang ada di Instagram Kumpulbaca.

Komunitas Kumpulbaca merupakan komunitas penggiat literasi yang timbul dari keprihatinan terhadap rendahnya semangat baca masyarakat dengan dalih sulitnya menemukan waktu untuk membaca dan susah fokus tiap kali membaca. Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca, hingga gampang terpengaruh dengan informasi yang keliru, juga mudah terpicu untuk melakukan debat tak berdasar.

Kegiatan menarik yang dilaksanakan secara rutin oleh komunitas Kumpulbaca berpusat pada gerakan sejam membaca, diskusi dan seminar mengenai literatur. Bukunema, program dari Jakarta Cinema Club, memiliki visi yang serupa dan memutuskan untuk berkolaborasi dengan Kumpulbaca guna terus memantik gairah teman-teman lain untuk menggali lebih dalam lagi kebiasaan membacanya.

Film adaptasi The Curious Case of Benjamin Button yang disutradarai oleh David Fincher (foto: Paramount)

The Curious Case of Benjamin Button adalah sebuah cerita pendek yang ditulis oleh F. Scott Fitzgerald. Pertama kali diterbitkan di Collier’s Magazine pada 27 Mei 1922, buku ini kemudian dimuat dalam buku Fitzgerald Tales of the Jazz Age, yang kadang-kadang diterbitkan sebagai The Curious Case of Benjamin Button dan Other Jazz Age Stories. Film adaptasi cerita pendeknya disutradarai oleh David Fincher dan rilis pada tahun 2008. Film yang dibintangi oleh Brad Pitt dan Cate Blanchett ini meraih beberapa nominasi Oscar setahun setelah perilisan. Bukunema Benjamin Button memilih cerita ini sebagai perkenalan terhadap cerita pendek yang telah diadaptasi menjadi film panjang.

Baca juga: Bukunema from Home: On Cosmos & Popular Science, Bukunema from Home: On Watchmen & Graphic Novels, Between Two Jokers and Philosophy: A Realization of the Absurd, Nihilism and Agent of Chaos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *