Album Minggu Ini Vol. 16: Ambisi dan Duo Kribo

Album Minggu Ini 16 adalah memori masa indah saat saya menonton film Ambisi (1973) dan film Duo Kribo (1977). Dari kedua film ini saya tersadar bahwa belantika musik di dalam negeri ternyata pernah ada di masa puncak.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki musisi pada saat itu tentu bisa menciptakan karya yang bagus adalah sebuah prestasi, sebut saja Guruh Gipsy yang menyatukan Progressive Rock dengan musik tradisional adat Bali atau Giant Step yang kental dengan Psychedelicnya. Bila kita dengarkan saat ini musik mereka masih saja memukau telinga membuat fenomena “eargasm” bisa saja terjadi pada siapapun yang mencoba mendengarkannya.

Album Minggu Ini 16
Potret aktor legendaris Indonesia Bing Slamet (foto: Film Varia. Vol. 1. Issue 6. May 1954)

Film Ambisi sendiri berusaha untuk memperlihatkan bagaimana industri musik itu bekerja kepada para penikmat musik di Nusantara.  Sebuah langkah cerdas dalam membuat premis dan bagi saya ini adalah satu film yang punya isu modern untuk bisa dipelajari.

Duet akting antara Bing Slamet dengan Benyamin Sueb makin membuat heboh lagi dan tidak lupa para talenta yang akan tampil sebagai cameo di dalam film ini seperti Koes Bersaudara, Panbers, God Bless dan Bimbo.

Duet Ambisi, Benyamin Sueb dan Bing Slamet, sedang melakukan proses rekaman di luar karir mereka sebagai aktor film (foto: Nadapromotama)

Film Duo Kribo tidaklah hanya sekedar film musik biasa tetapi ini adalah ensiklopedia berbentuk audio visual  penting yang memperkenalkan musik luar seperti Jesus Christ Superstar atau fakta bahwa karya Beethoven adalah sebuah romantisme, bukan klasik seperti yang selalu orang bicarakan.

Album Minggu Ini 16
Sampul kaset pita Duo Kribo rilisan Musica (foto: kasetlalu)

Bercerita tentang Iyek (Ahmad Albar) yang baru menyelesaikan tesisnya terkait Beethoven dan seorang musisi jalanan yang bernama Ucok (Ucok AKA Harahap), kedua tokoh unik ini sama-sama membentuk sebuah band lalu bersaing keras di dalam dunia industri musik yang nantinya mereka malah berduet lalu menelurkan sebuah album.

Album Minggu Ini 16 adalah gabungan dari inspirasi yang terdapat di dalam Musik, Film dan Buku bisa dibilang kalau ketiga unsur tadi digabungkan niscaya hidup jadi sempurna. Selamat mendengarkan Album Minggu Ini 16!

Album Minggu Ini 16 dapat didengarkan lewat akun Spotify Jakarta Cinema Club:


Playlist Album Minggu Ini sebelumnya dapat dilihat di sini

Foto dalam cover adalah suasana iring-iringan ketika Indonesia menerima kunjungan Ratu Juliana dari Belanda. Foto diambil di kawasan Monas dan merupakan arsip dari Indonesia Tempo Dulu.

Baca juga: Memfilmkan Musik, Memusikan Film

Edvan Apriliawan